Tips Sukses Mengerjakan Soal Ujian Geografi


Anda tahu bahwa Anda perlu belajar untuk tes geografi jika Anda ingin lulus. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara belajar? Artikel ini akan membahas beberapa tips latihan untuk cara terbaik untuk mempersiapkan ujian Anda!

Latihan Soal

Berlatih untuk ujian saja tidak cukup-Anda juga perlu berlatih menjawab pertanyaan tentang geografi secara umum Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengikuti kuis online atau mempelajari kartu flash yang menanyai Anda tentang konsep geografi tertentu seperti garis lintang dan garis bujur. Jika Anda ada di tingkat SMA, Anda bisa menggunakan Latihan Soal Geografi Paket C By Oviagra.com.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok belajar online di mana para siswa berbagi konten mereka sendiri serta saling mengajukan pertanyaan terkait dengan studi mereka sehingga mereka bisa mendapatkan umpan balik dari orang-orang yang lebih jauh dari mereka dan sebaliknya.

Mulailah dengan menghafal benua dan samudra

Untuk memulai, Anda harus menghafal benua dan samudra secara berurutan. Peta dunia adalah alat yang penting untuk studi geografi dan pasti akan digunakan selama Anda belajar. Sebaiknya Anda memulai proses ini dengan mempelajari nama-nama ketujuh benua (Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, Australia/Oseania).

Berikutnya adalah lima samudra utama di Bumi: Samudera Pasifik (barat), Samudera Hindia (selatan), Samudera Atlantik (barat), Samudera Arktik (utara), Samudera Antartika (selatan). Sekarang kita sudah sampai di suatu tempat!

Saatnya untuk mengulas kembali! Anda harus bisa menyebutkan sebagian besar negara di dalam masing-masing wilayah samudra ini serta benua tempat mereka berada. Sebagai contoh: Perancis terletak di Eropa; Maroko terletak di Afrika; Jepang terletak di Asia; Brasil ditemukan di Amerika Selatan; Norwegia terletak di perbatasan utara Eropa dengan Rusia - tetapi hanya karena dihuni oleh bangsa Viking berabad-abad yang lalu ketika mereka berlayar ke sana dari Skandinavia melalui perahu yang cukup besar hanya untuk satu orang atau paling banyak dua anak kecil per kapal!

Selanjutnya, hafalkan 50 negara

Langkah selanjutnya adalah mempelajari ibu kota negara yang memang populer. Ibu kota negara penting karena merupakan nama tempat yang akan Anda lihat di peta, jadi Anda harus yakin bahwa Anda dapat mengenalinya dengan cepat dan mudah.

Fokus pada kota-kota besar

Kunci untuk belajar geografi adalah fokus pada gambaran besarnya. Jangan khawatir tentang kota-kota kecil, jangan khawatir tentang negara bagian, jangan khawatir tentang negara dan samudra-hanya fokus pada gambaran besar dari setiap benua. Sebagai contoh: Alih-alih menghafal setiap kota di Afrika atau Eropa, ketahuilah bahwa ada banyak kota di sana. Akan lebih mudah mengingat jika Anda melakukan ini, karena membantu Anda membangun gambaran mental tentang tempat dan orang-orangnya.

Pelajari detilnya

Setelah Anda menguasai hal-hal besar, kerjakan detail yang lebih kecil seperti sungai, gunung, dan lokasi penting lainnya. Hal-hal ini mudah diingat, karena cenderung mengikuti suatu pola. Apa kesamaan dari semua hal ini?

Semuanya adalah kata benda! Mereka dimulai dengan "N" dan diakhiri dengan vokal (dan kadang-kadang "E"). Ini berarti, bahwa mereka dapat ditemukan dengan mudah dengan melihat kamus atau atlas: perhatikan saja kata-kata vokal N.

Jika Anda ingin lulus tes geografi, pelajari ibu kota.

Jika Anda ingin lulus tes geografi, pelajari ibu kota. Ibu kota biasanya merupakan kota terbesar di suatu negara dan sering berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Mereka mungkin juga merupakan pusat budaya, ekonomi, politik dan sejarah utama di negara mereka. 

Ibu kota sering terletak di lokasi pusat di negara mereka karena mereka bertindak sebagai titik transportasi penting yang ideal untuk mengangkut barang melintasi jarak jauh. Agar Anda tidak ketinggalan dengan perkembangan dunia edukasi, pastikan Anda pun memperbaharui informasi pendidikan terbaru.

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Mengerjakan Soal Ujian Geografi"