Ini Dia Hantu Indonesia yang Jarang Diketahui

kompasiana.com

Bicara tentang hal-hal mistis tentunya tidak terlepas dari sesosok hantu atau makhluk halus yang menyertai dalam setiap cerita. Mulai dari menjatuhkan barang, menimbulkan suara-suara yang mengganggu, hingga menampakan wujud aslinya pada manusia. Semua itu ditujukan untuk menakut-nakuti manusia sehingga rasa takut yang kita punya menjadi energi untuk mereka.

Tentu saja keberadaan hantu Indonesia menjadi salah satu cerita horor yang sering dibahas dan diceritakan. Seperti pocong, kuntilanak, dan genderuwo merupakan hantu yang paling sering muncul dalam cerita maupun film horor Indonesia. Namun masih banyak hantu lainnya yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut beberapa hantu Indonesia yang jarang diketahui.

1. Suanggi

Suanggi adalah hantu yang terkenal di Papua dan Maluku. Berdasarkan cerita sekitar, suanggi merupakan jelmaan penyihir atau dukun yang memiliki ilmu hitam tinggi. Suanggi disebut bisa berubah menjadi sosok wanita cantik yang suka mengincar pria hidup belang. Ia nantinya akan menyerang dan memakan alat vital si pria. Suanggi biasanya akan menampakkan diri pada malam hari. Ketika suanggi datang, ia akan muncul seperti bola api yang terbang di atas rumah korbannya.

2. Mariaban

Mariaban adalah hantu atau siluman yang hidup di pedalaman Kalimantan. Hantu ini memiliki tubuh yang besar dan bulu lebat di tubuhnya. Masyarakat Kalimantan juga suka berburu Mariban untuk diambil bulu dan minyaknya, konon katanya bulu dan minyak tersebut jika ada wanita yang disukai bisa terkena pelet. Hantu Mariban suka minum darah dan biasanya mereka menangkap manusia yang sendirian di dalam hutan. Mereka akan membunuh manusia tersebut dengan menghisap semua darahnya sampai habis.

3. Antu Banyu

Orang-orang Sumatera Selatan mengenal antu banyu sebagai hantu yang mendiami Sungai Musi dan Muara Dua. Tak ada yang tahu seperti apa sosok hantu ini sebenarnya. Konon, hantu ini berwujud seperti wanita berambut panjang dan memiliki tubuh yang sangat berat. Maka dari itu kenapa setiap kapal yang dinaiki oleh Untu Banyu selalu tenggelam. Mayat yang ditemukan, akan memiliki lubang di bagian ubun-ubun dan punggungnya.

4. Kuyang 

Makhluk astral yang satu ini berasal dari Kalimantan. Konon, kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan sama sekali. Kuyang sebenarnya wanita yang memiliki ilmu hitam untuk bisa hidup abadi. Kuyang disebut dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan.

Posting Komentar

0 Komentar