Iklan

RajaBackLink.com

Ini Penyebab dan Cara Mengurangi Gangguan Bayi Rewel Malam Hari


Pada prinsipnya, bayi rewel malam hari merupakan hal yang biasa dialami oleh bayi terlebih pada bayi yang baru lahir. Banyak faktor yang menjadi penyebab bayi selalu rewel khususnya di malam hari yang seharusnya menjadi waktu untuk bayi dan ibu beristirahat.

Selain membuat kualitas waktu istirahat yang terganggu pada bayi maupun orang tua, kurangnya istirahat bagi bayi juga bisa berpengaruh pada perkembangan bayi.

Meski tak bisa menghilangkan kebiasaan bayi rewel malam hari, namun sebaiknya orang tua khususnya ibu mengetahui penyebab hingga cara mengatasi bayi yang selalu rewel di malam hari agar bisa dengan mudah diantisipasi.

Penyebab Bayi Rewel Malam Hari

Umumnya, bayi akan mulai menunjukkan tanda-tanda rewel dimulai dari sejak pukul 19.00 hingga pukul 22.00 atau bahkan lebih. 

Tanda bayi rewel tak hanya ditunjukkan dengan menangis tapi juga gejala lain seperti selalu ingin digendong hingga merasa tidak nyaman. 

Pada beberapa kasus bayi baru lahir yang kerap rewel pada saat malam akan berlangsung sejak usianya mulai dari 0 bulan hingga usia 6 bulan ke atas, namun tak jarang bisa hingga usia 1 tahun.

Banyak penyebab yang membuat bayi akhirnya rewel di malam hari yang perlu diketahui oleh ibu, diantaranya seperti berikut ini;

  • Bayi Merasa Lapar

Penyebab utama bayi selalu rewel di malam hari adalah karena bayi merasa lapar. Bayi yang lapar akan mengekspresikannya dengan menangis bahkan hingga waktu yang lama. Selain menangis, bayi juga akan menunjukkan tanda pada organ tubuh seperti kerap menjilati bibirnya sendiri (melet) serta tangannya juga selalu dalam keadaan terkepal.

  • Tidur Terlalu Lama

Bayi yang sudah tidur terlalu lama akan membuatnya merasa tidak nyaman dan selalu beraktivitas dengan ditunjukkan aktivnya seluruh organ tubuh bayi khususnya tangan dan kaki. Biasanya karena sudah tidur terlalu lama ia akan meminta bermain atau bahkan digendong.

  • Jam Istirahat yang Tidak Teratur

Kebanyakan bayi mulai dari sejak lahir memang belum memiliki jam tidur yang rutin sebagaimana orang dewasa. Bayi biasanya akan tidur ketika ia merasa lelah atau ketika bayi sudah merasa kenyang dengan begitu waktu tidur atau beristirahatnya menjadi tidak teratur termasuk di malam hari.

  • Mengalami Gangguan Pencernaan (Kolik)

Pada beberapa bayi yang mengalami gangguan pencernaan (kolik) akan membuat bayi akan selalu rewel dan menangis dalam waktu yang lama termasuk di malam hari, hal ini disebabkan karena terjadinya gangguan saluran pencernaan atau bisa juga disebabkan oleh alergi makanan.

  • Popok yang Penuh

Faktor eksternal yang membuat bayi rewel malam hari adalah popok yang sudah penuh tapi tidak segera diganti. Popok yang penuh membuat bayi merasa tidak nyaman yang pada akhirnya membuat bayi menangis berkepanjangan.

Cara Mengurangi Gangguan Bayi Rewel Malam Hari

Bayi yang rewel di malam hari adalah hal yang wajar, namun ibu bisa mengurangi gangguan tersebut. Setelah ibu mengetahui penyebab bayi yang selalu rewel khususnya pada malam hari, ibu bisa mencari tahu penyebabnya termasuk cara mengatasinya.

  • Beri ASI yang Cukup

Banyak cara yang bisa dilakukan ibu untuk mengurangi gangguan bayi yang rewel seperti menyusuinya agar ia bisa beristirahat dengan nyaman dalam kondisi perut yang kenyang.

  • Gendong dan Beri Pelukan yang Hangat

Selain itu, selalu sediakan waktu jika bayi terbangun dan rewel di malam hari dengan menggendong dan memeluknya agar ia merasa nyaman. Beri juga belaian penuh kasih pada bagian kepala bayi secara lembut agar bayi merasa lebih tenang.

  • Periksa Popok

Sebelum beristirahat, pastikan juga popok yang digunakan bayi dalam keadaan kering dan tidak penuh. Atur jadwal penggantian popok khususnya di malam hari untuk memastikan bayi tetap merasa nyaman saat tidur.

  • Ubah Pola Istirahat

Kebanyakan ibu selalu berusaha memberikan waktu yang lumayan panjang untuk bayi tidur di siang hari. Akibatnya di malam hari, bayi yang sudah terlalu cukup tidur akan menjadi rewel, oleh karena itu ada baiknya untuk mulai membangun pola istirahat yang teratur pada bayi aga ia tidak rewel di malam hari.

Beberapa cara tersebut terbukti sangat efektif untuk mengurangi bayi rewel malam hari meskipun tidak menghilangkan kebiasaan ini hanya saja memastikan bayi tetap dalam keadaan nyaman, kenyang dan tenang juga bisa berdampak pada tumbuh kembang bayi.

Posting Komentar

0 Komentar