Header Ads Widget

RajaBackLink.com

4 Jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu


Asuransi adalah salah satu bentuk proteksi yang memberikan perlindungan tertanggung dengan cara pembayaran premi setiap bulan atau berdasarkan ketentuan kedua belah pihak. Jenis dari asuransi sendiri pun beragam. Kali ini akan diulas beberapa bentuk asuransi kesehatan yang perlu anda tahu sebelum memilihnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Macam Macam Asuransi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

1. Asuransi Kelompok

Asuransi kesehatan kelompok dapat mencakup seluruh anggota keluarga atau kelompok tertentu. Dengan menggunakan asuransi kesehatan jenis satu ini akan mampu untuk mengcover satu keluarga. Atau biasanya asuransi kesehatan perusahaan yang berguna untuk mengcover satu perusahaan.

Untuk itu, ketika memilih asuransi kesehatan satu ini, maka setiap anggota keluarga atau seluruh karyawan yang ada di perusahaan tersebut akan bisa untuk mendapatkan perlindungan yang sama dengan asuransi kelompok yang dimilikinya tersebut. Anda pun bisa memilih asuransi jenis satu ini untuk kebutuhan keluarga anda.

2. Asuransi Personal

Jenis asuransi berikutnya adalah asuransi personal. Asuransi satu ini bisa dilihat dari siapa yang ditanggung oleh asuransi tersebut. Biasanya yang tertanggung adalah pihak individu atau perseorangan. Sehingga perlindungan dan juga manfaat dari asuransi tersebut hanya diberikan untuk menjangkau satu orang yang memiliki asuransi itu saja. Sehingga orang lain yang tidak tertanggung tidak akan bisa menggunakannya.

3. Asuransi Rawat Jalan

Selanjutnya, ada pula asuransi rawat jalan. Biasanya untuk jenis dari asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan dan perawatan yang tertanggung. Terutama ketika menjalani proses rawat inap atau penyakit atau kondisi yang dideritanya. Untuk jenis biaya perawatan yang akan dicover biasanya adalah mulai dari diagnosis medis, cek lab,  dan tindakan lain yang tidak mengharuskan tertanggung untuk menginap.

Rawat jalan merupakan salah satu kondisi sakit yang memiliki sifat non darurat dan juga dalam perawatannya membutuhkan waktu tidak sebentar. Disini, fungsi asuransi adalah untuk mengcover biaya tersebut. Sehingga bisa dikatakan jenis dari asuransi kesehatan ini wajib anda miliki. Karena kebanyakan orang akan membutuhkan perawatan rawat jalan apabila kondisi penyakit yang diderita tidak parah.

Sebab, orang cenderung akan membutuhkan sistem pengobatan dan perawatan yakni rawat jalan saja. Sehingga apabila kondisi yang diderita tidak parah, biasanya pasien akan hanya membutuhkan rawat jalan dibandingkan menginap di rumah sakit. Oleh karena itu, keberadaan dari asuransi ini juga perlu untuk anda pertimbangkan karena memiliki fungsi yang sangat penting dan manfaat yang banyak.

4. Asuransi Rawat Inap

Asuransi kesehatan berikutnya adalah jenis rawat inap. Dengan adanya asuransi ini akan memiliki fungsi utama yakni membiayai pengobatan dan perawatan tertanggung selama sakit. Umunya, jika anda menggunakan layanan asuransi satu ini, maka semua biaya ketika rawat inap yang anda keluarkan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Manfaat dari asuransi adalah untuk membiaya biaya pengobatan tak terduga ketika anda menginap di rumah sakit.  Tidak sedikit orang yang mengambil biaya ini karena biasanya banyak yang membutuhkan perawatan maksimal dan juga pengawasan dokter dalam waktu 24 jam. Sehingga asuransi kesehatan jenis ini juga bannyak digemari.

Beberapa jenis dari asuransi kesehatan tersebut bisa menjadi hal yang anda pilih ketika masih bingung dalam menentukan mengambil polis yang mana. Untuk itu, bagi anda yang ingin mengambil asuransi kesehatan, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu manfaat yang anda butuhkan. Namun, lebih baik anda juga memiliki tabungan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal yang tidak terduga.

Posting Komentar

0 Komentar