Ketahui Berbagai Manfaat Investasi Kurs Valuta Asing


Menggunakan atau mengikuti investasi dengan valuta asing atau yang biasa disebut Valas dirasa menjadi pilihan yang cukup tepat. Investasi ini sangat berbeda dengan investasi lainnya yang membuat anda kesulitan untuk mencairkan uang tunai. Anda juga akan mendapatkan keuntungan. Berikut manfaat investasi kurs valuta asing yang bisa didapatkan.

Mengenal Investasi Valuta Asing

Valuta asing atau Valas adalah mata uang yang dapat digunakan dan diterima dalam transaksi. Namun, valas ini untuk perdagangan internasional dan bukan perdagangan dalam negeri. Satu-satunya mata uang di Indonesia adalah rupiah. Berbeda dengan saat berbelanja di platform asing seperti Amazon, Anda bisa menggunakan dolar sebagai alat trading.
 

Manfaat Melakukan Investasi Kurs Valuta Asing

1. Tidak Mudah Terdampak Devaluasi

Mata uang asing kurang rentan terhadap devaluasi dan depresiasi nilai mata uang. Paling tidak, sangat sulit untuk mendevaluasi mata uang asing yang didukung oleh investor valuta asing seperti dolar AS, pound Inggris, dolar Australia, dan dolar Selandia Baru. Tidak mudah rentan dengan devaluasi ini bisa diakibatkan karena ekonomi negara tersebut sangat stabil.

Dengan kestabilan tersebut pastinya akan membuat kemungkinan yang sangat kecil bagi pemerintah negara melakukan devaluasi mata uangnya menurut standar Internasional.  Oleh karena itu, manfaat investasi kurs valuta asing akan membuat siapapun mendapatkan return yang tinggi dan pastinya akan sangat menguntungkan bagi setiap dari investornya.

2. Likuiditas Tinggi 

Manfaat yang berikutnya yang bisa didapatkan adalah likuiditasnya yang cukup tinggi. Jika berbicara tentang dunia investasi. Mata uang asing atau yang disebut juga sebagai valuta asing dikenal sangat likuid sehingga sangat menarik untuk dijadikan sebagai investasi. Dengan nilai likuiditas yang tinggi diartikan bahwa anda dapat membeli valuta asing dengan mudah.

Tidak hanya pembelian, anda juga bisa melakukan penjualan valuta asing dengan sangat nyaman. Dengan investasi valuta asing ini, anda juga akan dapat dengan mudah mencairkan dana atau uang sesuai dengan kebutuhan. Nilainya lebih stabil dibandingkan produk investasi yang tidak likuid karena konversi mata uang asing dapat dilakukan dengan cepat.

3. Perubahan Kurs Tahunan Cenderung Semakin Kuat

Manfaat investasi kurs valuta asing selanjutnya yang bisa didapatkan diakibatkan oleh kurs tahunan dari mata uang asing yang sangat kuat. Nilai mata uang asing dan nilai tukarnya cenderung terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan melemahnya rupiah, ada peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar lagi bagi setiap investornya.

4. Bisa Membeli Barang Impor tanpa Memikirkan Kurs Rupiah

Bagi anda yang sering membeli barang impor, fluktuasi harga terutama ditentukan oleh nilai tukar rupiah. Ketika nilai tukar rupiah turun terhadap dolar AS, harga impor dalam mata uang itu juga naik. Produk elektronik seperti komputer dan smartphone merupakan contoh produk yang dibandrol dengan harga tinggi akibat fluktuasi nilai rupiah terhadap dolar. 

Namun jika anda memiliki tabungan mata uang asing, fluktuasi nilai rupiah tidak akan banyak berpengaruh, sehingga mimpi membeli barang impor bisa menjadi kenyataan. Jadi dengan manfaat investasi kurs valuta asing ini, anda bisa melakukan transaksi pembelian barang impor dan tidak perlu lagi pusing atau bingung memikirkan harga kurs rupiah.

4 manfaat tersebut akan bisa anda dapatkan ketika mengikuti investasi dengan menggunakan valuta asing. Kemungkinan untuk mendapatkan kerugian dari investasi ini dianggap sangat kecil jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Selain itu, anda juga mencairkan dana investasi ini kapan saja tanpa perlu menunggu dalam waktu yang lama.

Posting Komentar

0 Komentar