Iklan

RajaBackLink.com

Tips Diet Sehat untuk Pemula yang Sehat dan Mudah Diterapkan


Memiliki berat badan ideal adalah idaman semua orang, tak heran banyak orang menerapkan diet agar berat badan cepat turun. Sayangnya, tidak jarang pemula yang cenderung kurang tepat dalam menerapkan diet. Alhasil, rencana diet gagal atau bahkan memicu penyakit. Sebelum memulai diet, pastikan melakukan cara diet sehat sehingga tidak memicu penyakit [1].

Cara Efektif Diet Sehat untuk Pemula

Sejatinya, jenis diet banyak macamnya. Untuk pemula, bisa melakukan diet sederhana tetapi khasiatnya terbukti. Dengan begitu tidak mengganggu aktivitas Anda, walaupun Anda sibuk bekerja tetapi diet berjalan lancar. Anda bisa menerapkan cara diet yang sehat di bawah ini, yaitu:

1. Melakukan Puasa Intermiten

Tak perlu melakukan diet ketat, Anda bisa mencoba puasa intermiten selama menjalani program diet. Puasa intermiten dipilih orang yang melakukan diet karena termasuk puasa dengan waktu pendek, Anda bisa menyantap makanan durasi singkat di siang hari. Bahkan menurut penelitian, puasa tersebut efektif menurunkan berat badan jika dilakukan 24 minggu [1].

Anda bisa mencoba metode 16/8 yang mewajibkan Anda puasa selama 16 jam dan makan 8 jam. Menurut penelitian, metode tersebut ampuh mengurangi kalori dan bisa menurunkan berat badan [1].

2. Mengkonsumsi Protein Saat Sarapan

Cara diet sehat untuk pemula tak perlu berat, Anda bisa mengkonsumsi protein saat sarapan. Alasannya karena protein bisa mengatur hormon nafsu makan sehingga Anda merasa kenyang di pagi hari, walaupun Anda terbiasa lahap makan di pagi hari tetapi asupan protein membuat Anda merasa kenyang [1].

Hebatnya lagi, protein yang Anda konsumsi di pagi bisa bertahan beberapa jam. Alhasil aktivitas tetap lancar karena Anda merasa kenyang, tetapi pemilihan asupan proteinnya harus jeli dan terbuat dari bahan alami. Misalnya gandum, sarden, telur dan biji chia [1].

3. Mengkonsumsi Banyak Serat

Terkadang, terasa sulit ketika memulai diet sehat. Banyak tantangan setiap kali Anda memulai sesuatu baru. Namun, proses yang bertahap Anda bisa memenuhi tujuan utama Anda menjalankan diet sehat. Salah satunya banyak mengkonsumsi serat [1].

Menambahkan serat pada makanan bisa meningkatkan rasa kenyang. Bahkan membantu menurunkan tekanan berat badan tanpa penggunaan obat-obatan. Anda bisa mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran, oatmeal dan gandum [1].

4. Mencatat Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Kebanyakan orang mencatat menu diet sehat 30 hari sehingga mudah mengetahui apakah program diet berhasil atau tidak. Pasalnya, mencatat makanan dan minuman yang dikonsumsi efektif membantu menurunkan berat badan Anda dan tetap mematuhi cara diet sehat [2].

5. Banyak Bergerak

Walaupun Anda pemula dan sudah menerapkan diet sehat, imbangi dengan banyak bergerak sehingga berat badan cepat turun. Anda bebas melakukan aktivitas fisik di sekitar rumah agar tubuh aktif bergerak, misalnya jogging, skot jump, mengepel lantai, bersepeda, membersihkan semua ruangan sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga [2].

6. Tidak Melewatkan Waktu Makan

Kebanyakan orang melewatkan waktu makan dengan alasan agar berat badan cepat turun, padahal persepsi tersebut salah. Justru, cara diet sehat alami adalah tidak melewatkan waktu makan [2].

Melewatkan waktu makan membuat Anda rentan kekurangan nutrisi dan mudah terserang penyakit. Alhasil program diet bisa gagal karena Anda tidak memperhatikan asupan nutrisi. Makanan seperti biasanya sesuai waktu yang ditentukan, Anda bisa memilih menu makan yang bagus untuk diet sehingga berat badan cepat turun [2].

7. Minum Air Putih 

Cara diet sehat selanjutnya adalah minum air putih dalam jumlah banyak. Menurut penelitian, orang yang minum 2 gelas air putih bisa menurunkan berat badan lebih banyak dibanding orang yang tidak minum air putih [2].

Asupan Mineral yang Bagus untuk Diet

Anda bingung memilih air putih apa yang mendukung program diet sehat Anda? Anda bisa memilih AQUA sebagai merek air mineral. AQUA adalah air mineral berkualitas di Indonesia yang kesegarannya terjaga, setiap tetes kemurniannya telah melalui lebih dari 400 parameter cek kualitas sehingga aman dikonsumsi semua usia, termasuk untuk diet. Bahkan AQUA dikemas langsung dari sumbernya tanpa tersentuh tangan manusia atau terkontaminasi zat berbahaya [3].

Banyak kandungan AQUA yang dibutuhkan tubuh manusia, diantaranya zinc, kalsium, magnesium dan zat baik lainnya. Walaupun sumber daya air sudah diteliti lebih dari 1 tahun oleh para ahli, tetapi AQUA selalu melindungi ekosistem di sekitar sumber daya airnya [3].

AQUA juga mendukung bidang pertanian ramah lingkungan untuk masyarakat agar sumber air bebas dari pencemaran bahan kimia berbahaya. Pastinya, AQUA melengkapinya dengan cara memudahkan akses air bersih untuk masyarakat. Upaya tersebut diimbangi dengan efisiensi air pada proses produksi, yaitu menghemat pemakaian air dan daur ulang air sisa produksi untuk menunjang keperluan domestik sehingga tidak air yang terbuang atau tidak digunakan pada proses produksi [4].

Posting Komentar

0 Komentar