Kamis, 30 September 2021

Strategi Instagram Marketing, 7 Cara Promosi di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Instagram Marketing, 7 Cara Promosi di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

Mengikuti trend perkembangan jaman yang semakin canggih juga membuat pengaruh besar terhadap sistem pemasaran dan peningkatan penjualan. Berjualan melalui Instagram  menjadi salah satu metode dalam memanfaatkan media untuk meningkatkan penjualan produk. Namun bagaimana cara promosinya? Yuk simak mengenai strategi marketing, dan 7 cara promosi di Instagram untuk meningkatkan penjualan.

Strategi dan Cara Promosi Melalui Sosial Media Instagram

1. Tentukan Target Pemasaran

Strategi yang pertama dalam meningkatkan sistem penjualan yaitu dengan menetukan target pemasaran produk yang akan Anda jual. Cara yang satu ini bertujuan untuk mengetahui jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan merupakan apa yang sedang dibutuhkan dan diminati oleh pembeli dalam jangka waktu yang panjang. Disamping menghemat waktu, strategi ini juga berguna untuk menentukan metode promosi yang menarik.

2. Buat Akun Bisnis

Target penjualan sudah ditentukan, strategi selanjutnya yaitu membuat akun bisnis di laman Instagram. Namun ada beberapa syarat untuk membuat akun bisnis di Instagram yaitu harus terhubung dengan salah satu akun media sosial seperti Facebook. Dengan memanfaatkan penggunaan akun media sosial tersebut dinilai lebih efektif dan menjadi lebih mudah dalam pengelolaan bisnis. 

3. Buat Konten yang Menarik

Setelah memiliki akun bisnis di Instagram, jangan lupa untuk membuat konten yang menarik agar bisa mempengaruhi dan menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pembuatan konten yang menarik dalam bentuk foto maupun video tentang ulasan produk, testimony, dan juga pemanfaatan sellebgram merupakan sarana yang tepat untuk media promosi.

4. Perbanyak Followers dan Engagement Rate

Strategi marketing online dengan cara promosi di instagram melalui followers, merupakan salah satu strategi yang mempengaruhi tingkat daya jual dalam dunia bisnis. Pasalnya dengan banyaknya followers juga menambah keyakinan pada calon pembeli untuk yakin jika akun bisnis tersebut benar-benar resmi dan juga menambah keyakinan calon pembeli jika produk yang dijual di akun tersebut memiliki banyak peminat.

Selain banyaknya followers, Anda juga perlu menggunakan jasa Engagement Rate (ER). ER adalah sistem peningkatan rasio antara orang-orang yang berinteraksi (like, comment, and share) dengan postingan yang Anda unggah di feed akun bisnis sosial media. Anda bisa mencoba jasa ER dari rajakomen.com yang mampu memantau dan meningkatkan sistem rasio penjualan produk Anda di sosial media seperti Instagram.

5. Penggunaan Hashtag

Penggunaan hashtag yang tepat merupakan hal yang perlu Anda lakukan jika melakukan sistem penjualan online di media sosial seperti Instagram. Penggunaan hashtag tersebut sangat berguna untuk memudahkan seseorang dalam mencari akun bisnis Anda. Jadi, jangan lupa selalu sertakan hashtag disetiap kali Anda menuliskan narasi pada produk yang Anda jual.

6. Pemberian Diskon dan Promo Menarik

Strategi penjualan yang satu ini merupakan strategi Instagram marketing yang selalu bahkan kerap kali menjadi magnet dalam menarik calon pembeli. Dengan memberitahukan adanya diskon dan juga penawaran promo menarik pada produk yang Anda jual, merupakan strategi yang dianggap cukup efektif dalam dunia bisnis. Meski begitu, Anda juga perlu menghitung  kembali harga produk agar tidak mengalami kerugian terlalu banyak.

7. Menjaga Relasi dan Kepercayaan

Ketika bisnis Anda telah berkembang dengan pesat, maka jangan sampai Anda merusak rasa kepercayaan dan kepuasan pembeli dengan melakukan tindakan penipuan, memberikan pelayanan yang buruk atau yang lainnya. Karena jika anda tertangkap melakukan penipuan, maka bisa saja warganet akan mereport akun anda dan pihak Instagram akan memblokirnya.

Nah, itu tadi beberapa cara dalam mengelola strategi bisnis online menggunakan sosial media Instagram. Semoga sedikit informasi di atas bisa menambah wawasan Anda seputar promosi dan tips bisnis online yang kini semakin banyak diminati dikalangan manapun. Semoga informasi di Atas juga bisa membantu Anda dalam mengelola dan meningkatkan jumlah penjualan.  

0 comments:

Posting Komentar