Minggu, 01 Agustus 2021

Apa Itu Obat Tera F? Intip Ulasan Lengkapnya Disini

Apa Itu Obat Tera F? Intip Ulasan Lengkapnya Disini

Obat Tera F atau yang dikenal juga dengan Tera Forte adalah obat yang kerap kali digunakan untuk meringankan gejala seperti flu yang disertai dengan demam hingga sakit kepala dan hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan parasetamol di dalamnya. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai obat satu ini, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas yang Perlu Anda Tahu Tentang Tera Forte

1. Pengertian dari Obat

Tera F adalah salah satu obat yang memiliki kandungan yakni paracetamol sebanyak 650 mg, chlorpheniramine maleate 2 mg, phenylpropanolamine HCL 15 mg dan glyceryl guaiacolate 50 mg. Sehingga dengan adanya empat kandungan tersebut akan memiliki fungsi yang kerap kali diderita orang yang bergejala flu.

Pasalnya, dengan adanya kandungan tersebut akan mampu meringankan geja flu. Sebut saja seperti sakit kepala, demam, hidung tersumbat hingga bersin bersin yang juga disertai dengan batuk. Untuk itu, anda pun bisa mengonsumsi obat satu ini apabila sedang mengalami flu atau berdasarkan resep dari dokter.

Ketika anda sedang mengonsumsi obat satu ini, sebaiknya hindari untuk menyetir kendaraan bermotor maupun menyalakan mesin. Hal tersebut dikarenakan obat ini dapat menyebabkan kantuk. Sehingga, sebaiknya anda mengonsumsi obat satu ini ketika memang sedang tidak dalam kegiatan menyetir dan lain sebagainya.

2. Aturan Pakai Dari Tera Forte

Obat Tera F ini juga memiliki dosis dan penggunaan yang berbeda bagi anak anak dan dewasa. Adapun untuk anda yang dewasa dan anak anak diatas 12 tahun, maka anda pun bisa mengonsumsi 1 kaplet dengan dosis 3 hingga 4 kali sehari. Selain itu, untuk yang masih anak anak yakni dengan usia 6 hingga 12 tahun, bisa konsumsi ½ kaplet dengan dosi 3 0- 4 kali sehari.

3. Efek Samping yang Ditimbulkan

Setiap obat tentunya akan menimbulkan efek samping yang berbeda beda. Beberapa efek samping yang bisa terjadi ketika anda mengonsumsi obat satu ini adalah engantuk, terjadi gangguan pencernaan, gangguan psikomotorik, takikardia atau jantung berdebar lebih cepat dari batas yang normal.

Selain itu, terdapat efek samping lain yang juga ditimbulkan dari konsumsi obat Tera F ini, diantaranya adalah mulut kering, aritmia, hingga retensi urin. Adapun untuk kontraindikasi dari obat satu ini adalah pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada salah satu komposisi dari Tera F.

Tidak hanya itu saja, pasien yang memiliki riwayat penurunan fungsi ginjal, hati dan juga hipertrofi prostat. Untuk wanita hamil dan menyusui pun juga termasuk dalam golongan kontra indikasi. Selain itu, interaksi obat satu ini adalah jika digunakan bersama dengan obat anti depresan tipe penghambat MAO, maka akan menyebabkan krisis hipertensi.

Hal lain yang perlu untuk diperhatikan adalah sebaiknya tidak memberikan obat satu ini pada anak yang berusia dibawah 6 tahun, wanita yang sedang hamil dan juga menyusui, kecuali sesuai dengan petunjuk dari dokter. Selain itu, pastikan ketika mengonsumsi obat Tera F anda juga perlu berhati hati saat dikonsumsi bersamaan dengan obat yang menekan susunan pusat syaraf.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu tentang manfaat, kegunaan hingga efek samping dan kandungan dari Tera F. Obat satu ini termasuk obat bebas terbatas, sehingga anda pun bisa mengonsumsinya tanpa menggunakan resep dari dokter. Namun, apabila terdapat efek samping yang parah ketika mengonsumsi obat satu ini, maka anda sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan

0 komentar:

Posting Komentar