Kamis, 08 Juli 2021

Mengulik Jasa Nikah Siri Yang Amanah Dan Sah Menurut Agama

Mengulik Jasa Nikah Siri Yang Amanah Dan Sah Menurut Agama

Salah satu fase hidup yang harus dijalani oleh seorang muslim yang telah matang secara fisik dan emosional adalah menikah. Pasalnya, ikatan yang terjalin antara pria dan wanita ini dapat mengubah berbagai hal yang sebelumnya dikategorikan sebagai dosa menjadi ibadah. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan jasa nikah siri, berikut ketentuan yang harus diketahui.

Mengupas Pemahaman Tentang Nikah Siri

Ikatan pernikahan memiliki keutamaan tersendiri karena Allah akan memberikan karunia kepada kedua pasangan yang telah melaksanakan pernikahan. Anjuran menikah umumnya telah tertulis dalam Q.S An-Nur ayat 32 dengan tujuan membentuk keluarga yang Sakinah, mawaddah, warahmah. Selanjutnya, firman tentang pernikahan juga terdapat pada Q.S Ar-Rum ayat 21.

Setiap orang yang melaksanakan pernikahan harus sesuai dengan kaidah agama dan diresmikan secara negara. Meski demikian, beberapa kondisi tertentu untuk menghindari dosa terkadang hanya dilakukan dengan melangsungkan pernikahan sesuai agama dan tidak diumumkan ke publik. Bentuk pernikahan inilah yang kemudian dikenal dengan nikah siri.

Lazimnya, penggunaan kata nikah siri memiliki makna rahasia. Ikatan pernikahan yang sah secara agama tetapi tidak tercatat di negara ini juga ada yang menyebutnya sebagai nikah sirih atau nikah sirri. Meskipun banyak menuai pro dan kontra, jasa nikah siri membolehkan cara pernikahan ini dengan alasan agar terhindar dari perbuatan dosa zina.

Hukum boleh nikah siri didasarkan pada hukum Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974. Berdasarkan pasal 2 ayat 1, Perkawinan menjadi sah untuk apabila telah sesuai dengan hukum dalam agama dan kepercayaannya. Meski demikian, pernikahan yang sebenarnya perlu dilakukan dengan mencatatkan bukti di pengadilan agama (negara).

Persyaratan Nikah Siri

Sebagaimana pernikahan yang dilakukan oleh umat Islam, nikah siri memiliki rukun dan syarat nikah sebagaimana mestinya. Pernikahan bisa dilangsungkan apabila terdapat calon pengantin laki-laki dan perempuan, menghadirkan wali nikah, terdapat minimal 2 saksi dari muslim yang sudah baligh dan berakal serta menyiapkan mahar untuk maskawin.

Ikatan pernikahan akan menjadi sah dilakukan setelah penghulu memandu pengantin laki-laki untuk melakukan ijab qabul. Anda juga akan mendapatkan surat nikah siri sebagaimana surat nikah yang berlaku. Maka dari itu, pernikahan siri juga perlu dilakukan dengan menyiapkan berkas tertentu sebelum melakukan ijab qabul.

Anda perlu mengirimkan identitas berupa kedua foto KTP/SIM yang dimiliki kedua mempelai, nama ayah kandung, maskawin, foto ukuran 2x3, materai 10000 dan dilengkapi dengan ketentuan waktu yang sesuai berdasarkan hari, tanggal dan jam. Anda bisa mengirimkan identitas ini kepada jasa profesional nikah siri untuk kemudian menjadwalkan prosesi pernikahan.

Biaya Yang Diperlukan Untuk Melakukan Nikah Siri

Nikah siri yang dilakukan secara rahasia hanya membutuhkan biaya yang tergolong lebih sedikit. Anda bisa memasrahkan kepada jasa tertentu untuk mendapatkan fasilitas dengan dengan biaya yang terjangkau. Tentu saja, jasa terbaik akan menghadirkan tempat pernikahan, wali hakim jika diperlukan, saksi pernikahan dan surat keterangan atau surat nikah siri.

Lazimnya, lokasi yang ditentukan akan disesuaikan dengan tempat anda yang mendaftar. Anda juga bisa menanyakan admin ustadz dengan menghubungi kontak nomor yang tertera untuk memastikan lokasi absolutnya. Jangan khawatir karena jasa profesional nikah siri akan memberikan yang terbaik demi kebutuhan prosesi pernikahan anda.

Pernikahan merupakan ikatan resmi yang dilakukan oleh kedua mempelai laki-laki dan perempuan ke jenjang yang lebih serius. Pernikahan sangat dianjurkan oleh agama guna menghindari perbuatan dosa zina. Anda bahkan bisa menghubungi jasa profesional nikah siri terdekat untuk melangsungkan prosesi pernikahan yang sah menurut agama.

0 comments:

Posting Komentar