Minggu, 25 Oktober 2020

Wajib Tahu! Pengertian Protein dan Manfaatnya Untuk Pertumbuhan Rambut

Wajib Tahu! Pengertian Protein dan Manfaatnya Untuk Pertumbuhan Rambut

Pengertian protein adalah unsur molekul yang mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, fosfor dan sulfur. Ada pula sebagian yange mengandung unsur logam seperti besi dan tembaga. Salah satu protein yang dapat berguna untuk pertumbuhan rambut adalah protein jenis keratin. Dimana keratin merupakan protein alami yang diproduksi oleh tubuh, dan memiliki banyak manfaat.

Pengertian Dari Keratin Bagi Rambut

Pada rambut, kuku dan gigi terdapat protein alami yang dihasilkan oleh tubuh, yaitu keratin. Protein ini berperan untuk tetap menjaga organ tersebut tetap sehat. Pada bagian rambut, keratin berfungsi untuk membuat rambut tetap terjaga dan juga berkilau. Keratin ini berpengaruh pada kondisi tubuh dan lingkungan luar. Apabila tubuh mulai menua maka produksi keratin semakin berkurang.

Selain itu, lingkungan yang tidak sehat seperti polusi udara dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan keratin dalam rambut berkurang. Penggunaan cat rambut juga akan berpengaruh, hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan zat kimia yang dapat menyebabkan produksi keratin berkurang. Seperti itulah pengertian protein keratin bagi rambut.

Manfaat Protein Bagi Rambut

Pada rambut terkandung protein berkisar hingga 97%. Sehingga asupan dari nutrisi protein sangat penting bagi rambut. Dengan adanya protein ini maka rambut dapat tetap sehat dan berkilau. Protein ini ada yang berasal dari dalam tubuh dan dapat juga disokong dari makanan. Contoh makanan yang bisa mendukung nutrisi dalam rambut adalah telur, kacang – kacangan dan lain lain.

Memiliki pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein membuat rambut sehat, indah dan bercahaya. Dengan memenuhi kebutuhan protein sehari hari maka keperluan dari pertumbuhan rambut dapat terjaga dengan baik. Konsumsi protein bagi tubuh minimal 100 gr perhari. Selain itu menutrisi rambut dengan berbagai hair mask dan vitamin juga dapat dilakukan.

Setelah mengetahui pengertian protein, manfaat lain dari protein bagi rambut adalah mencegah rambut rontok. Dengan asupan nutrisi dari protein membuat struktur dalam tiap helai rambut menjadi baik dan kokoh. Hal ini dapat membuat rambut tidak akan mengalami kerontokan. Selain mencegah, protein juga dapat mengatasi rambut yang mengalami kerontokan.

Karena selain membuat struktur pada helai rambut menjadi lebih baik. Protein juga menstimulasi adanya pertumbuhan rambut agar lebih cepat. Sehingga apabila rambut mengalami kerontokan, maka akan cepat tergantikan dengan rambut baru. Protein merupakan salah satu pilihan tepat dan alami untuk dapat mengatasi permasalahan rambut.

Selain dari dalam protein juga memberi lapisan perlindungan pada rambut. Dengan adanya lapisan ini maka rambut terhindari dari faktor luar seperti zat kimia dari cat rambut maupun polusi udara dan debu. Faktor lingkungan luar juga dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Seperti yang dijelaskan pada pengertian protein, kandungannya melindungi rambut dari resiko kerusakan.

Jenis Protein Lain Bermanfaat Untuk Rambut

Pada rambut selain keratin, protein yang dapat membantu pertumbuhan rambut hingga akarnya antara lain sistein, arginin, lisin, metionin dan teriosin. Pada jenis nutrisi ini bisa didapatkan pada makanan sehat. Pada sistein didapatkan dari brokoli, arginin dari kelapa, lisin dari ikan dan daging merah, metionin dari telur, serta tirosin dari susu, kedelai dan kacang.

Itulah pengertian dan juga manfaat dari protein untuk rambut. Protein merupakan nutrisi yang penting bagi rambut dan organ lainnya. Sehingga kebutuhan protein harus terpenuhi. Rambut yang mempunyai keratin yang cukup akan tampak sehat, kuat dan kokoh. Sehingga apabila anda ingin mencegah adanya kerusakan maupun ingin memperbaiki rambut perlu memperhatikan nutrisi proteinnya.

0 komentar:

Posting Komentar