Jumat, 18 September 2020

Mandalika, Kawasan Wisata Apik Jelmaan Sang Puteri Cantik

Mandalika, Kawasan Wisata Apik Jelmaan Sang Puteri Cantik
Sumber: https://gotripina.com/

Mandalika merupakan sebuah daerah yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Nama Mandalika yang disematkan kepada daerah ini merupakan nama seorang putri berparas cantik dan berhati baik yang ada di legenda masyarakat Lombok. Layaknya sang pemilik nama, daerah Mandalika juga mempunyai tampilan yang sangat cantik dan juga menarik. Itu sebabnya daerah ini dijadikan sebagai kawasan wisata potensial. Saat ini Mandalika hangat diperbincangkan karena sirkuit MotoGP yang digadang-gadang sebagai penarik wisatawan. Akan tetapi, jauh sebelum sirkuit ini ada, Mandalika sudah punya pesona sendiri dengan wisata alamnya yang luar biasa. Apa saja itu? berikut daftarnya. 


Pantai Kuta

Sumber: https://www.lombok.com/

Nama “pantai Kuta” biasanya akan dikaitkan dengan sebuah pantai yang sangat terkenal di pulau Bali. Namun selain di situ, pantai Kuta juga merupakan nama pantai yang ada di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memang sudah cukup terkenal di kalangan para wisatawan, namun belum seterkenal pantai Kuta yang ada di Bali. Meskipun begitu, pantai Kuta di Mandalika tidak kalah menariknya. Pantai ini bahkan jauh lebih apik dan juga menyenangkan dibandingkan pantai Kuta Bali karena jauh lebih sepi dan lebih bersih dibandingkan pesaingnya. Jadi tidak ada salahnya mencoba ke pantai Kuta yang satu ini bukan? 


Pantai Seger

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/

Pantai Seger adalah tempat dimana legenda Putri Mandalika berasal. Oleh karena itu setiap tahunnya diadakan upacara Bau Nyale di pantai ini untuk mengenang putri cantik jelita tersebut. Di pantai Seger pulalah dibangun monumen Putri Mandalika yang dijadikan sebagai pengingat akan legenda tersebut dan spot foto yang apik. Namun selain itu, pantai Seger masih menyimpan banyak keindahan. Pasir pantai yang putih bersih, karang yang masih terjaga, ombak yang menjadi favorit para surfer di satu sisi serta lautan tenang favorit pecinta snorkeling di sisi lainnya. Tidak ketinggalan gugusan bukit dengan beragam bentuk yang  menambah daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. 


Pantai Serenting

Sumber: https://travel.detik.com/

Bagi Anda yang mencari pantai yang masih belum terjamah, pantai Serenting adalah salah satu pilihannya. Kawasannya tentu saja jauh lebih bersih karena belum banyak yang mengetahuinya. Layaknya pantai lainnya di daerah Nusa Tenggara Barat, pantai Selenting juga mempunyai air laut yang biru jernih. Ombaknya pun cukup besar sehingga cocok bagi Anda pecinta olahraga surfing. Karena pantai ini masih sepi, Anda bisa berjemur dan bersantai untuk sejenak merasakan ketenangan serta relaksasi. Jangan lupa juga untuk mencoba berjalan di sepajang garis pantai sembari menikmati pasir pantainya yang putih dan lembut. 


Pantai Tanjung Aan

Sumber: https://blohisme.wordpress.com/

Ingin merasakan pasir pantai yang putih dan lembut? Anda juga bisa mendapatkannya di pantai Tanjung Aan, salah satu pantai yang juga andalan daerah Mandalika. Namun berbeda dengan pantai lainnya, ombak di pantai Tanjung Aan jauh lebih tenang. Karenanya destinasi wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang suka berenang atau sekadar bermain air di tepian. Satu lagi yang tidak kalah menarik yakni ayunan kayu di tepi pantainya yang ikonik. Anda bisa bermain ayunan, menikmati pantai sekaligus mengambil foto terbaik di sini. 


Pantai Gerupuk

Sumber: https://blog.pigijo.com/

Di ujung paling Timur Mandalika, Anda bisa berwisata ke pantai Gerupuk. Jika ingin menyematkan gelar pantai dengan spot surfing terbaik di Mandalika, maka tentu saja akan jatuh ke pantai Gerupuk. Pantai ini memang surganya para penjajal ombak. Tidak heran jika ada beberapa surf camp disediakan untuk para wisatawan. Bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu khawatir, karena ombak di sini bervariasi sehingga bisa dicoba oleh siapa saja. 


Bukit Merese

Sumber: https://id.pinterest.com/

 Selain menikmati pantai, Mandalika juga punya spot wisata lain yang juga cukup ikonik yakni bukit Merese. Bukit ini disebut juga bukit cinta karena siapapun yang melihat keindahannya akan langsung jatuh cinta. ini karena sejauh mata memandang Anda akan melihat rerumputan hijau yang menyegarkan mata serta lautan luas yang sangat indah dari ketinggian. Agar aktivitas liburan lebih maksimal, Anda pun bisa camping bersama orang-orang terdekat dan sejenak melupakan penat. 

Nama yang cantik, alam yang  indah, dan dibantu oleh tangan-tangan profesional, Mandalika hadir untuk mewujudkan impian Anda akan liburan yang sempurna. Dengan semua yang dimilikinya, Mandalika menjadi tujuan wisata yang tidak akan terlupakan. 

0 komentar:

Posting Komentar