Sudah Siap Menyambut Ramadhan? Ini Persiapan yang Bisa Anda Lakukan untuk Puasa Sehat di Tengah Pandemi Corona

Menyambut Ramadhan

Sebentar lagi umat Islam di dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Di bulan ini umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan sebelum menyambut hari kemenangan. Namun puasa tahun ini sepertinya akan dilakukan dengan sangat berbeda dari puasa-puasa sebelumnya karena terjadi di tengah pandemi corona yang sedang mewabah. Meski begitu nikmat lahir dan batin dalam menjalankan ibadah pertama tidak boleh hilang sehingga Anda tetap harus mempersiapkan diri untuk memulai puasa hari pertama hingga satu bulan penuh dan menyambut hari raya lebaran.

Di masa wabah seperti sekarang, memiliki tubuh yang tetap fit saat menjalankan ibadah puasa sangatlah penting apalagi bagi mereka yang tetap harus keluar rumah untuk bekerja. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri menjalani puasa dengan tetap sehat di tengah pandemi:

1. Selalu makan sahur

Sahur merupakan poin yang penting untuk menjaga puasa Anda tetap sehat dan Anda tetap bertenaga. Makan makanan bergizi seimbang saat sahur dan jangan lupa minum air putih yang cukup. Konsumsi buah dan sayuran yang beraneka untuk memenuhi kebutuhan metabolisme.

2. Pakaian yang sejuk

Indonesia memiliki iklim tropis sehingga panas matahari bisa sangat menyiksa di siang hari jika Anda beraktivitas di luar ruangan apalagi saat puasa yang tidak memperbolehkan Anda untuk minum. Karena itu gunakan pakaian yang nyaman dan sejuk serta menyerap keringat. Hindari warna gelap karena dapat meningkatkan suhu tubuh.

3. Buka puasa tepat waktu

Jangan tunda berbuka puasa meski diawali dengan makanan ringan yang manis saja. Hal ini untuk menjaga asupan gula pada tubuh yang sudah seharian tidak mendapatkan sumber energi. Setelah itu makan dengan makanan yang bergizi.

Selama masa pandemi Anda harus tetap sehat dan kuat untuk menjalankan puasa sekaligus melawan bibit penyakit yang bisa saja menyerang. Selain tips di atas, Anda juga bisa mencari tips-tips lainnya yang tersaji di blog EF Adults yang menyajikan berbagai informasi bermanfaat untuk Anda dan masyarakat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar