Ini Dia Manfaat Penting Kapulaga Bagi Kesehatan

Kapulaga

Kapulaga merupakan sejenis rempah yang kaya akan manfaat, khususnya bagi kesehatan. Kapulaga sering dijadikan sebagai bumbu masakan yang memiliki rasa agak kuat seperti sop kambing dan juga soto Betawi. Bagi kamu yang sedang mencari supplier kapulaga, maka PT. Karya Baru Indonesia siap memberikan pelayanan terbaik dengan produk yang berkualitas dan harga bersaing.

Selain Itu, PT. Karya Baru Indonesia juga merupakan supplier bawang bombai yang siap melayani dengan berbagai kemasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan, mulai dari konsumen industri, institusi, catering, konsumen grosir maupun eceran.

Selain bermanfaat untuk menambah kenikmatan masakan, kapulaga ini juga memiliki beberapa manfaat lain yang berguna dalam meningkatkan kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut diantaranya. 

Lancarkan pencernaan

Manfaat kapulaga untuk kesehatan yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam kapulaga ternyata juga cukup besar. Tiap sendok kapulaga mengandung 2 gram serat. Bagi kamu yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut dan mengontrol asam lambung serta nyeri pada perut.

Mengurangi stres

Siapa sangka, ternyata kapulaga juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi stres. Kapulaga sering dijadikan sebagai obat herbal yang bersifat antidepresan. Bahkan, menghirup aroma rempah kapulaga dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Redakan nyeri

Manfaat kapulaga lainnya adalah mengurangi berbagai jenis nyeri. Memiliki sifat analgesik, ternyata kandungan kapulaga juga ada antioksidannya dan bersifat anti inflamasi sehingga bisa menyembuhkan peradangan.

Redakan batuk dan pilek

Madu yang dicampurkan dengan kapulaga bisa mengurangi batuk dan pilek. Kapulaga dapat memberikan efek tenang dan membantu mengencerkan dahak. Selain itu, kapulaga juga memiliki efek hangat di tenggorokan.

Meningkatkan sirkulasi darah

Berdasarkan penelitian, menunjukkan jika kandungan atsiri pada kapulaga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi bronkitis karena mampu meningkatkan sirkulasi darah ke paru – paru.

Mencerahkan kulit

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga kapulaga dapat membantu cerahkan kulit. Kapulaga juga memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik. Manfaat kapulaga untuk keantikan salah satunya adalah membantu menenangkan kulit.

Obati asam lambung

Kapulaga mengandung berbagai vitamin penting seperti riboflavin, niasin, dan vitamin C. Selain itu kandungan seratnya dapat melancarkan pencernaan dan mengontrol asam lambung.

Merawat rambut

Manfaat selanjutnya yang dimiliki kapulaga adalah memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan rambut dan kulit kepala, sehingga dengan begitu rambut menjadi bersih dan berkilau.

Tingkatkan kesehatan mulut dan tenggorokan

Kapulaga memang bersifat anti inflamasi yang bisa meredakan gejala sariawan dan radang tenggorokan. Dalam biji kapulaga terdapat kandungan minyak astiri yang bisa membuat nafas menjadi segar dan hal inilah yang membuat minyak astiri dalam kapulaga dijadikan sebagai bahan pembuatan permen karet. Cara paling efektif untuk merasakan manfaat kapulaga yang satu ini adalah dengan langsung mengunyah biji kapulaga.

Mengatasi penuaan dini

Dalam minyak essensial yang terkandung dalam kapulaga memiliki sifat antioksidan sehingga sangat efektif untuk mengatasi berbagai tkamu penuaan dini, seperti menghilangkan keriput, bintik - bintik hitam, serta garis - garis halus.

Mengurangi risiko kanker

Dalam kapulaga terkandung anti - karsinogenik yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi kapulaga mampu menangkal 48% kanker kolorektar.

Mencegah osteoporosis

Kapulaga juga dapat mencegah osteoporosis karena memiliki kandungan vitamin C, mangan, dan kalsium yang merupakan komponen penting untuk kesehatan tulang.

0 komentar:

Posting Komentar