Jumat, 14 Februari 2020

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Ban Traktor

forklift
Forklift

Memilih ban traktor yang tepat bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit dilakukan. Jika Anda sudah lama bergelut dalam usaha di bidang pertanian, boleh jadi Anda cukup paham soal seluk beluk traktor. Jika Anda termasuk pemula soal urusan ini, menyerahkan pada ahli jual ban traktor merupakan cara paling bijak.

Sebagaimana kendaraan pada umumnya, traktor pertanian pun perlu pemeliharaan. Jika sekadar asal bisa jalan, tetapi Anda tidak merawatnya, maka kinerja traktor tidak maksimal. Padahal, sebagai salah satu investasi usaha, harga traktor jelas tidak murah.

Maka, pemeliharaan secara berkala itu harus. Bukan hanya perawatan mesin saja, tetapi juga komponen lain, seperti onderdil dan ban traktor. Ban traktor termasuk komponen terpenting karena terkait faktor keselamatan. Ada beberapa cara bagaimana memilih ban traktor secara cermat. Berikut beberapa tips yang bisa jadi panduan.

Memilih Tempat Jual Ban Traktor Terpercaya

Memilih tempat jual ban traktor terpercaya merupakan hal utama yang harus Anda lakukan. Mengingat harga ban traktor cukup menguras kantong, menemukan penjual yang tepat bisa membantu Anda mengurangi risiko salah beli.

Salah satu tempat jual ban traktor yang terpercaya yakni Berkat Partindo Abadi yang tidak hanya jual ban traktor saja, namun juga jual ban forklift dengan kualitas mumpuni. 

Jika Anda belum sempat datang ke toko penjual langsung? Cari tahu apakah penjual punya situs atau laman media sosial yang bisa jadi referensi. Penjual profesional biasanya sudah menampilkan katalog produk dalam situs atau media sosialnya. Katalog ban ini tentu mempermudah urusan Anda mencari ban mana yang paling tepat.

Pada katalog tertera pula ukuraan, merek, spesifikasi, dan harga ban. Bermodalkan informasi ini pula Anda bisa mengontak penjual untuk menyampaikan lebih detail bagaimana ban traktor yang sedang dicari.

Ban Traktor
Ban Traktor


Cari Tahu Spesifikasi Ban yang Dipakai

Kemudian, Anda bisa mengecek buku panduan pemakaian traktor untuk mengetahui spesifikasi ban yang dipakai. Cara mudah lain adalah cek bagian dinding ban. Biasanya tertera spesifikasi ban traktor berupa sekelompok angka dan atau huruf. 

Contoh, pada dinding ban tertulis “14.9–42.” Angka tersebut berarti lebar ban 14.9 inci dengan diameter pelek 42 inci. Lalu, catat secara rinci spesifikasi yang tertera pada ban, berikut merek ban yang saat ini dipakai dan jenis traktor.

Cek Kualitas Ban yang Dijual

Berhubung Anda tengah mencari ban pengganti, pastikan Anda sudah mengecek kualitas ban yang dijual. Silakan tanyakan kepada penjual terkait klasifikasi ban tersebut. Sekalipun ban tersebut baru, grade ban baru juga bisa berbeda. Apalagi, jika Anda memutuskan membeli ban bekas. Maka, perlu ekstra teliti untuk memeriksa kondisi ban.

Untuk ban baru, grade-nya bisa bervariasi antara A- hingga A+. Kondisinya bervariasi antara adanya goresan minimal, kondisi baik dan sudah dipasang, pemakaian terbatas, atau benar-benar baru keluar dari pabrik.

Pada grade B- hingga B+, kondisi ban umumnya masih bisa dibilang bagus dengan beberapa masalah berupa goresan kecil. Grade C biasanya diberikan pada ban yang bermasalah di bagian permukaan, tampak jelas, tetapi ban masih bisa berfungsi cukup baik karena tidak retak atau bengkok.

Ketahui Karakteristik Lahan yang Digarap

Bagaimana dengan karakteristik lahan yang digarap traktor Anda akan berpengaruh pada pemilihan tapak ban. Untuk lahan cenderung berlumpur, misalnya, cocok memakai ban R-1 atau ban yang dipakai mengolah tanah pertanian pada umumnya. 

Jika Anda perlu traktor untuk pemeliharaan lahan berumput, maka ban R-3 bisa jadi pilihan. Sekali lagi, kesalahan memilih ban traktor bisa berdampak fatal pada kinerja traktor yang dimiliki.

0 komentar:

Posting Komentar