Cara Tepat Menghilangkan Ketombe Membandel

Cara Tepat Menghilangkan Ketombe Membandel

Rasanya menyebalkan ketika rambut yang menjadi mahkota para wanita ternodai oleh serbuk-serbuk putih yang disebut ketombe. Ya, masalah yang satu ini harus segera diatasi karena sangat berpotensi menganggu penampilan. Bagi yang sedang menglaminya, kamu harus segera mengetahui Cara Menghilangkan Ketombe yang tepat dan aman.

Mungkin kamu telah banyak mencoba berbagai cara menghilangkan ketombe, namun nyatanya ketombe tetap saja eksis. Mungkin cara yang kamu lakukan belum tepat, oleh sebab itu saya ingin berbagi kepada kamu tentang beberapa cara menghilangkan ketombe yang paling efektif.

Biasakan mencuci rambut 3-4 kali seminggu
Rambut yang jarang dicuci memang bisa menyebabakan munculnya ketombe. Namun mencuci rambut terlalu sering juga bisa menyebabkan munculnya ketombe. Terlalu sering mencuci rambut akan menghilangkan minyak alami pada rambut sehingga rambut dan kulit kepala menjadi kering. 

Akibatnya sel-sel pada kulit kepala menjadi kering dan mudah mengelupas. Membiasakan mencuci rambut setidaknya 3-4 kali dalam satu minggu akan membantu menghilangkan ketombe pada rambut kamu.

Mencuci rambut dengan air hangat dan bilas dengan air dingin
Mencuci rambut dengan air hangat bertujuan untuk membuka pori-pori kulit kepala. Setelah rambut disiram dengan air hangat, gunakanlah shampo dengan bahan alami kemudian pijat dengan lembut agar kulit kepala tidak teriritasi dan shampo mudah meresap pada kulit kepala. 

Setelah selesai bilas kepala dengan air dingin. Air dingin akan menutupi kutikula rambut pada kulit kepala yang dapat mencegah masuknya kotoran atau zat berbahaya yang dapat menyebabkan reaksi negatif seperti ketombe.

Gunakan handuk kering dan bersih
Gunakanlah handuk khusus untuk mengeringkan rambut kamu. Handuk yang kamu gunakan harus kering dan bersih. Tujuannya adalah agar tidak ada bakteri atau kuman dari tangan atau bagian tubuh lain yang menempel pada rambut sehingga dapat menimbulkan ketombe. 

Keringkan rambut dengan handuk secara halus dan lembut. Jangan menggosok-gosokkan rambut pada handuk. Menggosok-gosok rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan mudah patah.

Mengkonsumi air putih
Air putih mengandung mineral dan kalsium yang berfungsi untuk melindungi kelembaban alami rambut serta kulit kepala. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dapat membantu mengembalikan kelembaban alami rambut.

0 komentar:

Posting Komentar