Cara Memakai dan Memilih Popok yang Benar

Cara Memakai dan Memilih Popok yang Benar

Salah satu jenis pakaian yang digunakan bayi setiap hari adalah popok. Pemilihan dan pemakaian popok yang benar akan membuat bayi terhindar penyakit kulit. Sebaliknya, kesalahan dalam memilih dan memakai popok akan membuat bayi lebih rentan terhadap penyakit kulit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan memakai popok. Berikut paparannya secara lebih lengkap.

1. Oleskan diaper cream sebelum memakai popok

Ruam popok adalah penyakit yang biasa muncul sebagai efek samping penggunaan popok. Anda dapat mengatasi ruam dengan diaper cream bayi. Diaper cream dapat dioleskan pada area kulit yang akan tertutup popok. Contohnya pada area pangkal paha dan bokong. Pengolesan diaper cream ini dapat membuat kulit bayi menjadi tidak terlalu lembap.

Catatan untuk Anda, pilihlah diaper cream yang mengandung antibacterial. Kandungan antibacterial dapat mencegah berkembangnya bakteri pada kulit bayi. Salah satu produk diaper cream yang mengandung antibacterial adalah Sleek Diaper Cream. Untuk info produk lebih detail, kunjungi link berikut https://www.sleekbaby.co.id/products/detail/natural-antibacterial-diaper-cream.

2. Pilih bahan popok yang nyaman bagi kulit

Popok akan bergesekan dengan kulit saat bayi bergerak. Gesekan terus-menerus akan menyebabkan kulit bayi mengalami iritasi. Oleh sebab itu, pilih pokok dengan bahan yang nyaman untuk kulit. Untuk popok kain, pilihlah yang berbahan katun. Sedangkan untuk diaper, pilih yang bahannya berdaya serap tinggi.

3. Jangan gunakan bedak dan pilih popok dengan ukuran yang sesuai

Penggunaan bedak sebelum memakai popok ternyata dapat berdampak buruk bagi kulit bayi. Pemberian bedak pada area kulit yang tertutup popok akan mengakibatkan bedak menggumpal karena keringat. Gumpalan bedak ini dapat menyebabkan berkembangnya bakteri pada area bokong dan kemaluan. Selain bakteri, jamur juga dapat berkembang biak pada area tersebut.

Pemilihan popok dengan ukuran yang tidak tepat juga akan mengakibatkan gangguan kesehatan kulit bayi. Popok yang terlalu ketat atau terlalu longgar memicu gesekan pada kulit. Gesekan popok dengan kulit bayi akan mengakibatkan iritasi. Akibat iritas, kulit bayi akan memerah dan muncul luka lecet atau melepuh dengan disertai rasa gatal.

0 komentar:

Posting Komentar