6 Obat Batuk untuk Ibu Hamil dari Bahan Dapur


6 Obat Batuk untuk Ibu Hamil dari Bahan Dapur

Obat batuk untuk ibu hamil seringkali dikaitkan dengan berbagai obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia. Obat ini tentunya akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi terlalu sering pada ibu hamil. Terutama membahayakan kondisi janin yang berada di dalam perut. Untuk menghindari risiko tersebut maka sebaiknya obat tersebut diganti dengan bahan dapur berikut.

1. Bawang Putih
Bahan dapur pertama yang ternyata diketahui ampuh dalam menyembuhkan batuk adalah bawang putih. Hal tersebut tidak lepas dari kandungan baik bawang putih yang terdiri dari antibakteri, antimikroba hingga antiseptik yang ampuh menyembuhkan. Cara menggunakannya bisa dengan langsung memakan satu siung bawang putih setiap 3 jam sekali.

2. Bawang Merah
Nyatanya bukan hanya bawang putih yang bisa dijadikan obat karena bawang merah juga bisa melakukan hal yang sama. Soalnya bawang merah memiliki kandungan phytochemical yang dapat menjaga dan menyembuhkan pernapasan yang terganggu. Untuk menggunakannya, Anda bisa menambahkan bawang merah pada setiap menu masakan yang dihidangkan atau disantap.

3. Cuka Apel
Selama ini cuka apel digunakan untuk menyempurnakan berbagai menu makanan yang dibuat di dapur. Namun ternyata manfaat yang dimiliki oleh cuka apel lebih luas lagi termasuk menjadi obat batuk untuk  ibu hamil. Caranya adalah dengan mencampurkan satu hingga dua sendok cuka apel pada minuman hangat. Nantinya minuman tersebut dikonsumsi tiga kali sehari.

4. Lemon atau Jeruk Nipis
Bahan dapur berikutnya yang juga sangat mudah untuk ditemukan adalah lemon atau jeruk nipis. Mungkin untuk bahan yang satu ini memang sudah lama diketahui akan keandalannya dalam mengatasi penyakit batuk. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kandungan vitamin C yang tinggi dan diketahui dapat memperbaiki kekebalan tubuh seseorang.

Cara untuk membuatnya bisa dengan mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya minuman hangat. Contohnya seperti mengambil dua buah jeruk nipis atau lemon yang kemudian diperas. Tambahkan satu sendok madu dan juga sedikit garam untuk semakin menambah khasiat dari minuman tersebut.

5. Jahe
Jahe juga bisa dijadikan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit batuk yang cocok untuk ibu hamil. Cara paling mudah adalah dengan rajin minum air jahe atau teh hangat yang dicampur dengan jahe. Sensasi hangat dari minuman ini akan meredakan bahkan juga menyembuhkan dari penyakit batuk yang Anda derita.

6. Daun Kemangi
Selama ini daun kemangi dikenal hanya sebagai menu lalapan saja tanpa pernah tahu keunggulan lainnya. Soalnya daun kemangi bisa berguna sebagai obat batuk. Untuk bisa mengubahnya menjadi obat batuk adalah dengan merebus daun kemangi sesuai kebutuhan. Setelah itu, minum air rebusan dari daun kemangi tersebut satu sendok setiap harinya untuk hasil maksimal.

Jadi bagi ibu hamil yang sedang mengalami kondisi penyakit batuk dan takut untuk mengonsumsi obat-obat berbahan kimia maka jangan khawatir. Soalnya obat batuk untuk  ibu hamil juga bisa memanfaatkan berbagai bahan yang terdapat di dapur rumah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar