Pemerintah Kembangan Padang Sebagai Kota Mandiri

Pemerintah akan mengembangkan kota mandiri baru Padang, Sumatera Barat, dalam waktu dekat. Pembangunan ini dilakukan setelah dimulainya pengembangan kota mandiri di Maja, Banten.

Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, sebelumnya pemerintah telah menetapkan sepuluh kota yang akan dikembangkan sebagai kota mandiri.

Kesepuluhnya yaitu Maja, Padang, Palembang, Pontianak, Banjarbaru, Tanjung Selor, Makassar, Manado, Sorong, dan Jayapura.

"Iya (setelah Maja, akan di Sumatera). Mungkin kita di Padang dulu," kata Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, Padang merupakan kota yang cukup mendesak untuk segera dikembangkan. Pasalnya, seperti diketahui Padang memiliki daerah yang rawan bencana.

"Jadi kita perlu menyiapkan area baru di sana," ujar Dadang.

Namun, Dadang masih menutup rapat soal informasi tentang pengembang yang akan diajak bekerja sama dalam mengembangkan Padang sebagai kota mandiri.

"Nanti bisa ditanyakan ke Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) itu," sebut dia.

Seperti diketahui, dalam mengembangkan Maja sebagai kota mandiri, pemerintah dibantu sejumlah pengembang, di antaranya yaitu Ciputra Group dan PT Agung Podomoro Land Tbk.

0 komentar:

Posting Komentar